81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Yuk Cari Tahu Alasan Kucing Takut Berburu Tikus

Kucing terkenal sebagai hewan menggemaskan yang mampu menebarkan nuansa keceriaan bagi sang pemilik rumah. Bukan sekedar lucu dan menggemaskan, kucing juga terkenal akan nuraninya berburu hama seperi tikus yang berkeliaran di sekitar huniannya. Sayangnya tidak semua kucing pandai berburu, bahkan ada pula yang merasa enggan untuk melakukannya. Apa alasan dibalik kucing takut berburu tikus ? 

Faktor Utama Kucing Enggan Berburu 


Jika diperhatikan seksama, Anda mungkin berfikir bahkan kucing jaman sekarang tampak ketakutan saat bertemu dengan tikus. Ditambah lagi dengan ukuran tikus jumbo, seakan membuat tubuh kucing kalah besar dibandingkan musuhnya. Ternyata rasa takut bertemu tikus, ternyata bukan karena adanya masalah mental ataupun masalah genetik dari sang kucing. Sebenarnya kondisi ini dapat dipengaruhi dari dua faktor yaitu insting alami dan pengalaman.  

Kedua faktor tersebut sangat berperan penting mengapa sang kucing tampak berbeda dengan kucing kebanyakan. Agar lebih jelasnya, mari kupas dari faktor insting terlebih dahulu. Insting untuk berburu didapatkan oleh si kucing sejak dirinya dilahirkan di dunia, bahkan tanpa perlu proses meniru ataupun belajar terlebih dahulu sebelumnya. Berbeda halnya dengan sikap kucing yang terbentuk dari pengalaman dan didapatkannya selama hidup. 

Alasan Mengapa Kucing Enggan Berburu


Berdasarkan dari ulasan mengenai kucing takut berburu tikus pada poin sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa sebagian kucing ternyata suka berburu bukanlah berasal dari insting alamnya. Rasa ingin berburu tikus didorong dari pengalaman hidupnya maupun hasil memperhatikan dari cara kucing di sekitarnya bertahan hidup. Tanpa adanya dorongan tersebut, kemungkinan besar mereka tidak akan melakukan hal tersebut. 

Dengan kata lain, bisa dikatakan jika anak kucing yang terlahir dan dibesarkan dari induk suka berburu, kemungkinan besar dirinya akan tumbuh menjadi pribadi pemburu di masa mendatang. Kemampuan berburunya pun tidak kalah ahli seperti ibunya, mengingat proses pembelajarannya telah dilakukan setiap hari dan hasil dari mencontoh induknya sendiri. Dimanapun dirinya berada, rasa untuk berburu tikus akan terus melekat di hidupnya. 

Sangat berbanding terbalik dengan kucing jaman sekarang yang justru terlihat takut saat melihat tikus. Namun perlu ditekankan kembali bahwa kucing takut berburu tikus, bukan karena dirinya tidak memiliki insting berburu seperti contoh kucing pada kasus sebelumnya. Melainkan karena dirinya memang terlahir dari lingkungan yang tenang, dan tidak diajarkan bagaimana cara berburu yang benar untuk bertahan hidup. 

Kemampuan berburunya pun semakin kecil ketika sang kucing sedari bayi sudah dipelihara dan dibesarkan oleh manusia, ataupun kucing yang memang tidak memiliki kemampuan khusus tersebut. Alhasil kucing tersebut sangat asing dengan berburu, sehingga membiarkan atau bahkan menjauhi tikus yang tidak sengaja berpapasan dengannya. Kondisi ini wajar terjadi, sehingga Anda tidak perlu terkejut saat melihat kucing kesayangan termasuk kucing yang bukan pemburu. 

Pernahkan Anda menangkap basah kucing kesayangan terlihat terkejut atau bahkan takut ketika melihat tikus berada di hadapannya ? Kemungkinan besar mereka menganggap tikus adalah musuh yang membahayakannya, oleh karenanya kucing takut berburu tikus. Ditambah lagi dengan gerakan aktif tikus membuatnya lebih gesit dibandingkan dengan tikus rumahan, sehingga tidak heran jika mereka akan terkejut ketika melihatnya. 

Sebelum memutuskan memelihara kucing, pastikan terlebih dahulu jenis kucing yang diinginkan. Pasalnya beberapa kucing enggan berburu karena memang dirinya dilahirkan di lingkungan yang tidak mengasah insting berburunya. Namun sebagian jenis kucing lainnya, justru hobi berburu sebagai aktifitas hariannya. Memiliki perbedaan yang mencolok, oleh karenanya kenali jenis kucing yang hendak dipelihara agar tidak menyesal kemudian.  

Post a Comment

Post a Comment