81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Toksoplasmosis, Parasit pada Bos Bulu yang katanya bisa bikin mandul

          Catlovers pasti sering sekali mendengar beberapa orang menyebutkan, bahwa apabila berteman dengan Bos Bulu terlalu sering akan menderita kemandulan, khusus nya bagi Catlovers wanita. Mitos yang satu ini tentu saja belum tentu benar Catlovers. Dikutip melalui Alodokter.com Toksoplasmosis adalah infeksi pada manusia yang ditimbulkan oleh parasit protozoa (organisme bersel satu) Toxoplasma gondii (T. gondii), Toksoplasma sendiri adalah Parasit yang berasal dari kotoran kucing, atau makanan yang terkontaminasi seperti makan - makanan yang kurang matang. Catlovers yang memiliki daya tahan tubuh kuat biasanya akan kebal dengan parasit ini berbeda dengan Catlovers yang memiliki daya tahan tubuh lemah atau ibu hamil.

            Parasit ini hanya bisa ditularkan melalui hewan kepada manusia, penularan melalui manusia ke manusia belum pernah terjadi loh Catlovers kecuali penularan melalui Catlovers yang sedang hamil kepada janinnya, dimana nantinya Catlovers yang terkena Toksoplasma akan mempengaruhi perkembangan janin Catlovers, bahkan dalam kasus yang lebih lanjut Catlovers yang terkena Toksoplasma akan mengalami keguguran. Dikutip melalui Alodokter.com gejala yang ditimbulkan oleh Catlovers yang terkena Toksoplasma dapat muncul dalam beberapa minggu atau biasanya dengan gejala ringan seperti flu, yaitu demam, nyeri otot, kelelahan, radang tenggorokan, serta pembengkakan kelenjar getah bening, namun Gejala tersebut dapat membaik dalam waktu 6 minggu. 

           Penyebaran Parasit Toksoplasma sendiri terjadi karena Catlovers yang kurang berhati-hati dalam membersihkan kandang ataupun Catlitter si Bos Bulu, karena Toksoplasma sendiri berasal dari kotoran si Bos Bulu yang terinfeksi Parasit Toxoplasma gondii, penyebab lainnya seperti ketika Catlovers yang mengkonsumsi makanan - makanan mentah yang telah terkontaminasi Parasit Toksoplasma, dan Parasit Toksoplasma sendiri juga dapat berasal dari transfusi darah oleh Catlovers lainnya yang terinfeksi Parasit Toksoplasma. Jadi Catlovers harus berhati - hati ya dalam menjaga kebersihan si Bos Bulu, berikut tips mencegah parasit Toksoplasma untuk Catlovers :

  • Hindari memakan makanan mentah
  • Hindari bersentuhan secara langsung dengan kotoran si Bos Bulu, gunakan sarung tangan apabila ingin membersihkan kotoran si Bos Bulu
  • Hindari membersihkan kandang serta Catlitter Bos Bulu dengan tangan kosong
  • Segera cuci tangan sebelum dan sesudah membersihkan kotoran Bos Bulu dan Kandang Bos Bulu
  • Usahakan lebih mengutamakan makanan kering untuk Bos Bulu dibandingkan dengan makanan basah (kornet daging) untuk Bos Bulu
            
           Gimana Catlovers sekarang sudah tau ya hal-hal yang harus dilakukan untuk menghindari parasit jahat Toksoplasma ini, maka dari itu mulai sekarang jangan suka menyalahkan si Bos Bulu ya kalau hal-hal seperti gejala yang telah disebutkan sebelumnya menimpa Catlovers, semuanya harus dimulai dari Catlovers dulu, untuk menjaga kebersihan si Bos Bulu dan Catlovers dengan begitu Bos Bulu dan Catlovers akan selalu sehat bersama, Salam Meow!



Post a Comment

Post a Comment