81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Sudah Jadi Rahasia Umum, Berikut Alasan Kucing Takut Air


Lucu dan menggemaskan adalah gambaran yang selalu dibawa oleh kucing. Ada banyak fakta unik dari hewan imut satu ini, yang pasti sudah diketahui oleh para catlovers. Hewan lucu ini nyatanya tidak begitu suka jika terkena air. Kucing bisa mengeong serta melompat saat ada air di dekatnya atau saat tak sengaja tersiram air. Meskipun menjadi hal yang biasa, ternyata ada alasan mengapa kucing takut air. Selengkapnya simak ulasan berikut.

Kucing Merupakan Hewan Semi-Domestik


Dalam beberapa penelitian menyebutkan bahwa kucing adalah hewan semi-domestik. Mereka masih memiliki beberapa naluri liar dari leluhur mereka. Kucing tidak menyukai kejutan atau merasa terkejut. Mereka adalah hewan yang gesit dan lincah sehingga bisa langsung melarikan diri ketika merasa terancam. Bulu yang terkena air akan membuat kucing bergerak lebih lambat, sehingga kucing akan berpikir bahwa air di tubuhnya akan menjadi ancaman.

Bulu bagi kucing adalah mantel alami yang mereka miliki. Jika dalam kondisi basah, kucing tidak akan punya pertahanan apapun untuk melindungi dirinya dari suhu dingin di lingkungan. Bahkan beberapa jenis kucing hutan apabila tubuhnya basah akan kehilangan kalori dan membuatnya sekarat dan mati. Hewan berkaki empat satu ini juga tidak membutuhkan air untuk membersihkan tubuh. Hal ini semakin memperkuat kenapa kucing takut air.

Kucing bisa menjilat seluruh bagian tubuhnya untuk membersihkan diri. Kebanyakan kucing juga tidak bisa berenang, sehingga membuat mereka takut dengan air. Seperti halnya manusia yang menjauhi daerah yang curam atau ketinggian, karena takut terjatuh. Kucing pun berusaha menjauhi air, karena sebagian dari mereka tidak mampu berenang. Insting kucing menyatakan bahwa menjadi bersih bukanlah dengan menggunakan air.

Tetapi Tidak Semua Kucing Takut Dengan Air


Meski kebanyakan kucing takut bahkan membenci air, namun ada beberapa anggota keluarga kucing yang justru menyukainya. Biasanya, kucing dengan tubuh besar dan hidup di iklim panas cenderung menyukai air. Kucing yang menyukai air salah satunya adalah kucing pemancing atau fishing cat. Mereka biasanya tinggal di daerah rawa-rawa wilayah Asia. Kucing pemancing ini memiliki kaki berselubung sebagian yang membantu mereka berenang.

Selain kucing pemancing, Kucing takut air tidak berlaku untuk kucing kucing seperti kucing Maine Coon, kucing Manx, kucing Norwegia, kucing Bengal, dan lainnya. Beberapa kucing peliharaan ada juga yang suka dengan air. Hal ini karena pemiliknya membiasakan kucing mandi atau bermain-main dengan air. Tidak ada salahnya membiasakan kucing kesayangan kita dengan hal tersebut. Selain itu, kucing-kucing dengan tubuh yang besar cenderung lebih menyukai air. 

Mengenal Keluarga Kucing yang Pandai Berenang


Selain Kucing Pemancing atau Fishing cat, ada keluarga kucing yang juga pandai berenang. Jika ada kucing rumahan yang takut air, tidak dengan keluarga kucing yang satu ini, yaitu harimau. Tahukah kamu ada beberapa jenis harimau yang pandai berenang. Spesies harimau ini banyak tersisa di Asia Tenggara.  Wilayah Asia Tenggara memiliki banyak hutan tropis, yang membuatnya memiliki suhu udara yang hangat sehingga harimau suka berenang. 


Harimau yang juga menjadi golongan kucing membuktikan bahwa tidak semua kucing takut air, bahkan bisa menjadi perenang yang hebat. Kadang harimau juga berenang untuk mengejar mangsanya. Tubuhnya yang kuat dengan kaki yang berselaput membuatnya menjadi perenang yang baik. Sehingga memudahkannya berburu di dalam air. Ada peneliti yang mencatat, seekor harimau pernah menyeberang sungai sejauh 29 kilometer. 

Setelah membaca ulasan tersebut, diketahui alasan kucing takut dengan air adalah karena ia merasa air pada tubuhnya adalah sebuah ancaman. Karena ketika hewan ini basah, ia akan lebih lambat dalam bergerak. Namun, ternyata ada beberapa anggota keluarga kucing yang menyukai air bahkan terbilang pandai dalam berenang. Dengan begitu, kita tidak bisa menyamaratakan bahwa semua kucing takut air.

Post a Comment

Post a Comment