Mengenal 5 Perbedaan Kucing Liar dan Domestik Mudah Diidentifikasikan - Ruberuky
News Update
Loading...

Saturday, August 22, 2020

Mengenal 5 Perbedaan Kucing Liar dan Domestik Mudah Diidentifikasikan

Dalam kegiatan sehari hari, kita mungkin secara tidak langsung akan berinteraski dengan kucing yang berkeliaran di sekitar anda. Kucing adalah hewan yang seringkali ditemui baik di jalan ataupun di rumah dan sudah termasuk hewan yang dekat dengan hidup manusia. Bagi beberapa orang mungkin tidak menyadari jika ada dua jenis kucing yang ada yaitu kucing domestik dan kucing liar. Keduanya memiliki perbedaan yang sangat menonjol. Yuk simak perbedaan kucing liar dan domestik berikut. 

Mengenal Perbedaan Kucing Domestik dan Liar 

1 Memiliki Habitat yang Berbeda 

Ciri yang paling membedakan antara kucing liar dengan domestik adalah habitatnya tinggal. Kucing domestik memiliki habitat untuk tinggal di dekat tempat tinggal manusia. Mereka bisa dengan mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitar tanpa merasa takut atau khawatir. Namun kucing hutan atau liar akan lebih nyaman untuk tinggal di dalam hutan. Bahkan hutan sudah menjadi habitatnya sehingga tidak bisa berbaur dengan aktivitas manusia. 


2. Berdasarkan Sifatnya 

Kucing domestik biasanya akan mampu untuk membangun hubungan baik dengan manusia dan juga hewan lainnya seperti anjing. Bahkan beberapa kucing domestic ini sangat manja dengan majikannya dan mengikuti kemanapun majikan pergi. Berbeda dengan kucing liar yang memiliki sifat dasar yang sangat berbeda. Kucing liar tidak akan mudah untuk berbaur dengan dunia atau aktivitas manusia. 


Perbedaan kucing liar dan domestik ini juga bisa dilihat dari sifatnya. Dimana kucing liar akan memiliki sifat lebih agresif bahkan kepada manusia. Mereka akan memiliki naluri berbaur yang lebih kuat sehingga sifatnya sangat tergantung dengan jenis kucingnya. Salah satu contoh kucing liar yang mudah dikenali adalah singa yang memiliki sifat sangat agresif dan seringkali berbaur dalam bentuk grup. 


3. Memiliki Penampilan Lebih Liar 


Kucing hutan memiliki ukuran yang sangat beragam dan lebih besar dibandingkan kucing domestik. Salah satu contoh kucing liar yang banyak ditemui adalah Caracal, Cheetah dan Singa. Tubuh kucing liar tersebut lebih berotot dibandingkan kucing domestic. Hal ini disebabkan karena mereka aktif untuk berburu dalam kesehariannya. Apalagi kebanyakan dari mereka juga lebih senang untuk mengkonsumsi daging dibandingkan makanan biasa untuk kucing domestik. 

4. Kucing Liar Lebih Langka 


Jika anda perhatikan perbedaan kucing liar dan domestik ini bisa dilihat dari jumlah spesiesnya. Kucing domestik memiliki jumlah populasi yang lebih banyak dibandingkan kucing liar. Kucing domestik bisa memiliki jumlah mencapai 600 jutaan spesies dan lebih. Namun berbeda dengan kucing liar yang hanya memiliki jumlah yang sedikit. Kucing liar memiliki status konservasi karena populasinya. 


Misalnya saja kucing Andean yang jumlah populasinya sudah terancam hampir punah. Jumlah mereka hanya berjumlah kurang dari 2500 ekor karena kerusakan hutan dan sumber makanan yang menipis. Harimau juga merupakan salah satu hewan yang sangat langka. Populasinya selalu turun setiap tahunnya. Bahkan Harimau Sumatera hanya diistemasikan memiliki jumlah kurang dari 371 ekor di alam liar. 


5. Genus yang Berbeda 


Meskipun sama sama masuk dalam golongan kucing, namun keduanya memiliki genus yang berbeda. Semua jenis kucing masuk ke dalam klasifikasi Familia. Dari Familia ini kemudian dipecah lagi menjadi dua sub bab famili yaitu Felinae dan Pantherinae. Ciri khas dari Felinae memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dan tidak bisa mengaum. Sementara kucing Pantherinae adalah kucing liar yang lebih besar dan bisa mengaum. Namun kucing liar dan domestik ini memiliki keunikan masing masing. 


Kucing memang merupakan makhluk kecil yang sangat menggemaskan. Namun jika anda ingin memelihara kucing, alangkah baiknya untuk memelihara kucing domestik yang lebih penurut dan biasa hidup di tengah manusia. Anda tentu akan kesulitan jika memilih untuk memelihara kucing liar karena naluri yang dimilikinya sudah terlanjur menyatu dengan alam. Anda juga membutuhkan perawatan ekstra jika memelihara kucing liar di dalam rumah. 




Share with your friends

Bagaimana Pendapatmu Catlover ?
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done