81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Gak Pake Ribet, Berikut Cara Merawat Kucing Kampung di Rumah

Memelihara kucing memang termasuk hal yang menyenangkan. Apabila kamu belum bisa memelihara kucing mahal, seperti persia ataupun anggora tidak ada salahnya untuk memulai memelihara jenis satu ini. Kamu bisa merawat dan memeliharanya dengan baik agar ia dapat terlihat lebih cantik dibanding dengan kucing jenis lain. Penasaran cara merawatnya? Yuk simak bagaimana cara merawat kucing kampung yang baik dan benar.

Cara Merawat Dengan Baik dan Benar Hewan Satu Ini

1. Memberi Makanan Yang Cukup
Sama seperti makhluk hidup lainnya, hewan ini juga membutuhkan yang namanya makanan. Hewan ini cukup mudah dalam pemberian makanan. Sudah bukan rahasia lagi, apabila kucing jenis ini mau memakan segala macam makanan bahkan ikan sisa pun. Oleh sebab itu, melihat kenyataannya maka semakin mudah dalam memberikan makanan untuk jenis hewan satu ini. Meskipun ia mau memakan apa saja, namun jangan memberi makanan secara asal asalan. Ingat hewan ini termasuk ciptaan Tuhan.

Ketika memilih makanan untuk kucing ini, jangan lupa untuk mempertimbangkan usia, kondisi fisik, tingkat aktivitas, dan riwayat kesehatan. Terkait cara merawat kucing kampung, pastikan kamu memperhatikan hal tersebut. Dengan begitu kamu bisa menghindari masalah kesehatan seperti, masalah penyakit kemih serta obesitas. Pastikan kamu mengenali kebutuhan nutrisi dasar. Hal tersebut dikarenakan hewan ini termasuk jenis karnivora obligor.

2. Membuatkan Tempat Tinggal Yang Layak
Cara merawat selanjutnya adalah dengan membuatkan tempat tinggal atau kandang yang layak. Seperti yang kamu tahu bahwa hewan satu ini tidak bisa hidup hanya di dalam rumah saja. Akan tetapi, kamu harus tetap membatasi porsi bermain di luar rumah dan membuatkannya sebuah kandang sebagai tempat tinggal yang nyaman. Pastikan kandang peliharaanmu hangat dan selalu bersih agar tidak menimbulkan kuman penyakit.

Sebaiknya, siapkan juga tempat untuk membuang  kotoran dari hewan peliharaanmu. Latihlah dia untuk dapat membuang air di tempat yang telah kamu sediakan. Pastikan ia terbiasa untuk membuang kotorannya di tempat itu, agar kamu tidak kesusahan dalam membersihkannya. Dengan  begitu, ini bisa menjadi cara merawat kucing kampung yang bisa kamu lakukan.

3. Membiarkannya Berburu Tikus
Karakter alami dari hewan satu ini adalah berburu tikus. Daging tikus hasil buruannya memang menjadi makanan favoritnya. Apabila kamu berniat memelihara hewan ini, sebaiknya berikan makanan yang lebih layak dan banyak mengandung nutrisi. Namun, bukan berarti kamu harus melarang hewan peliharaanmu berburu tikus. Biarkan hewan peliharaanmu berburu tikus sesuka hati karena itu memang sifat alaminya. Ini akan dapat membantu menjaga rumahmu dari tikus dan hama. 

4. Memeliharanya Dari Kecil
Dibandingkan memelihara hewan ini ketika sudah besar, akan lebih menyenangkan dan berkesan jika kamu mencoba memeliharanya sedari masih kecil. Ketika masih kecil, ia masih terlihat sangat imut imut. Selain itu, kamu juga dapat dengan mudah membentuk karakter hewan peliharaanmu sesuai dengan keinginan. Pada usia berapa hewan ini cocok untuk dipelihara? Ketika ia sudah berusia 3 bulan. Di usia ini, ia sudah dapat meminum sendiri tanpa air susu dari induknya.

5. Mengajak bermain
Langkah terakhir dalam cara merawat kucing kampung yaitu dengan mengajaknya bermain. Kamu perlu meluangkan waktumu untuk mengajaknya bermain. Akan sangat menyenangkan bila hewan peliharaanmu bukan hanya sebagai peliharaan tapi juga dapat menjadi sahabat bermain. Ia juga akan merasa nyaman bila majikannya sering mengajaknya bermain, entah di dalam rumah ataupun di luar rumah.

Dengan mengetahui cara yang tepat dalam merawat kucing jenis ini, maka hewan tersebut juga tidak kalah cantiknya dibanding dengan kucing import lain. Hal ini tergantung dari cara perawatan yang kamu berikan pada hewan peliharaanmu. Dengan mengikuti ulasan tersebut, hewan peliharaanmu akan tumbuh dengan sehat dan bisa menjadi sahabat setia yang ada di rumah.

Post a Comment

Post a Comment