Mengintip 5 Manfaat Kebiri Kucing Yang Wajib Anda Tahu - Ruberuky
News Update
Loading...

Wednesday, July 22, 2020

Mengintip 5 Manfaat Kebiri Kucing Yang Wajib Anda Tahu

 

Bagi para pemilik kucing tentunya tidak asing dengan kata kebiri maupun sterilisasi. Tindakan untuk menghilangkan organ reproduksi ini tentunya dilakukan oleh yang profesional. Nantinya kucing yang disteril tidak akan bisa menghasilkan keturunan dan menurunkan bahkan menghilangkan hasrat seksual. Terdengar begitu jahat, namun ternyata terdapat manfaat kebiri kucing yang justru baik untuk kesehatan si kucing. Simak ulasannya.


Manfaat Dari Kebiri Kucing Yang Harus Diketahui

1. Kucing Akan Berumur Panjang

Kucing yang telah dikebiri akan memiliki risiko dari penyakit serius lebih kecil dibandingkan yang tidak. Terutama untuk bagian organ reproduksinya. Dengan melakukan kebiri pada kucing maka secara tidak langsung akan membuat umurnya lebih panjang. Bahkan menurut studi, kucing jantan memiliki kesempatan 2x lebih panjang umur dan betina 1,6 X lebih panjang. Tentunya akan membuat anda bisa bersama dengan kesayangan lebih lama.

2. Mengurangi Risiko Kanker dan Tumor

Melakukan kebiri untuk kucing di usianya yang masih muda akan membuat kucing aman dari penyakit mematikan. Penyakit tersebut adalah kanker dan tumor yang biasanya menyerang bagian hormon dan sel reproduksi. Untuk kucing jantan, melakukan kebiri akan membuat risiko kanker testis berkurang. Sedangkan pada kucing betina, manfaat kebiri kucing mengurangi kanker uteri, kanker uterin hingga mencegah infeksi uterin atau dikenal pyometro. 
Kucing betina yang tidak melakukan steril atau kebiri akan memiliki 7x prosentasi terkena tumor pada kelenjar mamarinya. Umumnya kanker pada kucing tidak bisa dengan mudah disadari. Awalnya si kucing akan tetap aktif atau terlihat begitu sehat, namun penyakit seperti kanker hingga tumor akan mengerogoti secara perlahan. Untuk itu alangkah baiknya, jika melakukan sesuatu sebelum akhirnya kanker maupun tumor berhasil menyerang si meong.

3. Mengurangi Sifat Buruk Di Kucing

Ketika memasuki musim kawin, kucing umumnya akan berlaku buruk pada pemiliknya. Anda tentunya pernah mengamati si meong jika memang memeliharanya. Umumnya mereka akan suka pipis sembarangan ketika sudah masuk musim kawin. Tujuannya untuk menandai teritorial milik mereka. Pada kucing jantan, biasanya mereka akan meninggalkan rumah atau kabur untuk bertemu betina. Manfaat kebiri kucing ini akan menjadikan perilaku buruk ini tidak terjadi.

4. Mencegah Musim Kawin

Masih membahas masa kawin pada kucing, umumnya mereka akan mengalami fase heat atau  hasrat kawin yang tinggi. Ketika tidak dilampiaskan, si meong akan menyusahkan dan mengganggu. Bukan hanya pada perilakunya yang menjadi lebih menyusahkan, fisik mereka juga akan menunjukkan tanda. Misalnya, bulu yang rontok maupun makan menjadi berkurang. Dengan melakukan kebiri maka hormon tersebut akan diredam sehingga kucing akan nyaman saat musim kawin.

5. Mencegah Agar Kucing Tak Terlantar

Kucing betina akan rentan mengalami kehamilan, padahal dia baru saja melahirkan. Anaknya yang masih kecil, akan ditelantarkan ketika si betina hamil. Bayangkan saja jika kucing tersebut merupakan kucing jalanan, berapa banyak kitten yang akan terlantar. Begitu juga dengan kucing rumahan, maka di rumah akan semakin padat dan biaya juga membengkak. Manfaat kebiri kucing satu ini memang mirip dengan KB agar populasi tak membludak.

Manfaat dari kebiri kucing ini terbilang banyak dan bisa dijadikan bahan pertimbangan. Jika anda berencana untuk melakukan kebiri pada kucing anda, maka sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada ahlinya. Sebab kebiri ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Setelah melakukan proses ini juga anda harus siap sedia merawat si meong dalam masa pemulihan.  Bagaimana apakah anda tertarik untuk melakukan pada kucing anda?




Share with your friends

Bagaimana Pendapatmu Catlover ?
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done